Tuesday, July 3, 2018

Adat Minangkabau Salah Satu Tradisi Pernikahan Adat Termahal di Indonesia


Pernikahan ialah momen penting dan membahagiakan bagi seluruh orang. Ada beragam cara merayakan momen bahagia ini, dan tentunya setiap pasangan memiliki cara berbeda-beda untuk merayakan hari spesial hal yang demikian, mulai dari prosesi lamaran, tunangan, hingga pesta pernikahan di hari H. Di Indonesia, pernikahan adat tergolong unik sebab setiap suku memiliki adat pernikahan yang berbeda-beda. Hingga saat ini, banyak pasangan yang masih menjunjung tinggi perayaan pernikahan berdasarkan suku dan adat-istiadat mereka.

Tentu saja, cara kerja pernikahan adat tidaklah sederhana dan murah. Ada serangkaian cara kerja adat yang wajib dilewati dari tahap awal hingga pesta di pelaminan. Menyelenggarakan pesta pernikahan adat meriah dan berkesan bagi mereka dan keluarga besar ialah dambaan setiap pasangan. Simak ulasan kebiasaan pernikahan adat di Indonesia, mulai dari kebiasaan, kisaran tarif hingga solusi dana pernikahan yang dapat menjadi referensi untuk Anda dalam menyiapkan dana pernikahan.


Suku Padang yaitu salah satu suku dengan adat istiadat pernikahan yang unik, dimana biasanya keluarga pihak laki-laki yang mendatangi keluarga pihak perempuan, namun suku Padang justru melakukan hal yang sebaliknya mulai dari perkenalan kedua keluarga sampai ke proses lamaran. Adat pernikahan suku Padang termasuk mahal karena tak hanya keluarga yang terlibat dalam prosesi penyambutan hari pernikahan, namun juga warga sekitar rumah dan juga para kepala adat.

Sebagai gambaran berikut proses pernikahan pada suku Minangkabau :

Maresek
Maresek yaitu proses dimana pihak keluarga wanita akan datang ke rumah pihak laki-laki untuk melakukan penjajakan atau perkenalan ke pada pihak keluarga pria. Di acara ini pihak wanita akan membawa makanan seperti seserahan ke keluarga pihak laki-laki.

Maminang dan Batuka Pedoman
Sesudah kedua keluarga sudah pendekatan, berikutnya meminang. Pihak wanita mendatangi rumah pihak laki-laki dan sekaligus melakukan acara pertunangan. Dalam acara pertunangan suku Minangkabau, pasangan calon pengantin bersepakat akan melanjutkan tahap hubungannya sampai tahap pernikahan dengan saling bertukar simbol perjanjian berbentuk cincin atau jenis perhiasan lainnya. Dalam proses ini, tokoh-tokoh adat akan diundang untuk memimpin prosesi acara.

Mahanta
Mahanta yaitu istilah pasangan minta izin, ridho dan doa dari seluruh pihak keluarga untuk acara pernikahan. Di acara ini seluruh keluarga baik dari pihak laki-laki ataupun perempuan mesti hadir dan berikutnya melakukan acara doa bersama.

Babako-babaki
Ini yaitu proses pihak keluarga ayah calon mempelai wanita mencoba membantu tarif pernikahan sebisanya. Acara ini dijalankan beberapa hari sebelum akad nikah. Acara ini juga dihadiri oleh seluruh pihak keluarga. Hal-hal yang mesti dipersiapkan di acara ini yaitu sirih lengkap (sebagai kepala adat), nasi kuning singgang ayam (makanan adat), antaran barang yang diperlukan calon mempelai wanita seperti seperangkat busana, perhiasan emas, lauk pauk baik yang sudah dimasak ataupun yang masih mentah, kudapan manis-kudapan manis dan sebagainya.

Malam Bainai
Ini dijalankan oleh mempelai wanita sehari sebelum hari pernikahan. Acara ini ditandai dengan menghias tangan calon mempelai wanita dengan inai (pacar) sebagai ritual unjuk beri sayang terhadap para sesepuh sebelum pernikahan.

Manjapuik Marapulai
Ialah proses pihak pria dijemput dan ditemani ke lokasi pernikahan oleh pihak wanita. Dalam proses ini pihak wanita mesti menyediakan minuman memabukkan-arakan seperti parade dalam menjemput dan mendampingi pihak laki-laki sampai ke tempat pernikahannya.

Biaya pernikahan adat Minangkabau

Kisaran harga yang mesti dikeluarkan untuk pernikahan adat Minangkabau dapat mencapai minimal Rp150 juta seandainya pasangan mencontoh seluruh proses dari awal sampai akhir. Kisaran tarif ini termasuk penyewaan para artis untuk minuman memabukkan-arakan, mahar, konsumsi, dokumentasi, riasan, pakaian pengantin penyewaan gedung, pemusik dan para tokoh adat.

Umumnya terkesan mewah dan merepotkan, seluruh cara kerja pernikahan pada setiap adat memiliki arti dan kepercayaan dari masing-masing suku. Wajib setiap cara kerja yang ada bermakna keharmonisan, kerukunan dan keberkahan. Gunakan pernikahan tak perlu di tunda cuma sebab kekurangan dana.  pinjaman KTA dari bank dengan bagus untuk menambah dana pesta pernikahan Anda dan pasangan.

No comments:

Post a Comment

Cara Simpel Buat Anak Pintar Berbisnis

Anak-si kecil usia sekolah dasar (SD) belum dijuruskan sebagaimana usia sekolah menengah atas (SMA). Lalu, bagaimana jikalau si kecil-si...